Rabu, 20 April 2011

.JAR dan .JAD

Setiap kali harus donwnload sesuatu yang berhubungan dengan Blackberry, HandPhone or smartphone lainnya, selalu ketemu file yang berextention .jad dan .jar. Sempat bingung ini file dari planet mana? maklum hampir beberapa tahun tidak bergelud dengan JAVA, dan hampir hilang dari ingatan bentuk sintaksnya dan sebagainnya. Untuk menjawab rasa penasaran itu, seperti biasa langsung menghubungi Opa Google, dari hasil googling itu setidaknya saya dapat menyimpulkan apa seh .JAD dan .JAR itu?

File JAR

JAR adalah singkatan dari Java ARchive. File JAR sebenarnya adalah kumpulan file yang dibundel dan dikompres seperti halnya file ZIP.

Coba saja Anda kita buka file JAR tersebut dengan program kompresi seperti WinZip, WinRAR, 7Zip, dsb. Kita akan melihat isinya. Bagi yang menggunakan Windows XP atau lebih baru, ubah saja ekstensi nama file JAR menjadi ZIP, maka Windows akan mengenali file tersebut dan bisa dibuka.


Aplikasi Java dalam JAR

Isi file JAR adalah file-file kompilasi Java (*.class) dan file-file pendukung lainnya, seperti gambar, suara, dll. Didalam folder META-INF terdapat sebuah MANIFEST yang mendeskripsikan nama MIDlet-MIDlet (aplikasi java) yang tersedia, termasuk versi dan nama vendornya. Anda bisa membuka MANIFEST tersebut dengan editor teks seperti Notepad.


File JAD
JAD adalah singkatan dari Java Application Descriptor. Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa JAD adalah file yang mendeskripsikan tentang aplikasi Java (MIDlet). Aplikasi Java yang mana? Tentu saja aplikasi yang ada didalam file JAR, karena file JAD sendiri sebetulnya hanya sebuah file teks biasa, yang bila dilihat isinya mirip sekali dengan MANIFEST yang ada didalam file JAR. Informasi tambahan yang ada di file JAD adalah url alamat file JAR

contoh format .jad :

MIDlet-1: , , 
MIDlet-Jar-Size: 
MIDlet-Jar-URL: 
MIDlet-Name: 
MIDlet-Vendor: 
MIDlet-Version: 
MicroEdition-Configuration: 
MicroEdition-Profile: 
 
So, JAR berisi aplikasi-aplikasi Java yang mungkin lebih dari 1 (satu). Segala hal yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah aplikasi Java, terletak dalam file JAR tersebut.

JAD sifatnya sebagai file tambahan untuk menjelaskan isi file JAR atau data tambahan yang dibutuhkan untuk menginstal file JAR, misalnya certificate.

0 Comments:

Post a Comment