Rabu, 12 Mei 2010

wi-fi dan 3G apa ya??

Sekarang makin banyak orang yang menggunakan komputer, laptop, HP, PDA sampe gadged terbaru untuk mengakses internet melalui jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio dalam transmisi data. Dan teknologi yang digunakan pun semakin berkembang dengan pesat. Ya namanya juga teknologi, berkembang terus-menerus sampai dunia lenyap baru teknologi berhenti. Sebenarnya masih banyak contoh teknologi jaringan, namun disini saya akan menjelaskan 2 teknologi saja yaitu, wi-fi dan 3G.

Wireless Fidently atau yang populer kita dengar dengan sebutan Wi-fi yaitu sebutan untuk beberapa standar 802.11 yang dibuat oleh IEEE (Institude of Electrical and Electronis Engineers)dalam transmisi nirkabel. Salah satu standar, yakni 802.11b memungkinkan transmisi data secara nirkabel dengan kecepatan 1 - 11 Mbps sejauh 90m dari accsess point atau hot spot. Kalau dengar kata hot spot, pasti tidak asing lagi buat kita karena hampir di setiap tempat sudah ada hot spot. Di kampus, cafe, Hotel bahkan angkringan (hanya ada di Yogya, red) pun sudah ada hotspot. Cara kerja hotspot sangat sederhana. Hotspot bisa memperoleh akses internet dari DSL, Modem Kabel, LAN dan layanan dial up. Setelah hotspot terkoneksi, maka koneksi tersebut dapat disebarkan (broadcast)secara nirkabel. Salah satu perantinya adalah laptop/notebook/netbook yang sudah dilengkapi dengan wi-fi

3G (Third Generation) adalah teknologi nirkabel berkecepatan tinggi dan tidak membutuhkan access point karena 3G menggunakan sistem ponsel yang telah ada. Kecepatannya transmisi data 300 Kbps. Berfungsi sebagai wi-fi tetapi tidak menggunakan hotspot.

0 Comments:

Post a Comment